Buku : Pesona Fitur Geologi Bawah Laut Indonesia

PESONA FITUR GEOLOGI BAWAH DASAR LAUT INDONESIA

Penulis : Ir. Subaktian Lubis, M.Sc.

 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, pada tahun 2016 telah menerbitkan buku “Pesona Fitur Geologi Bawah Dasar Laut Indonesia” ditulis oleh Ir. Subaktian Lubis, M.Sc., yang merupakan kompilasi dari sebagian hasil-hasil kegiatan penelitian geologi bawah laut menggunakan metoda penyelaman ilmiah dan disisipkan juga beberapa cuplikan data dari beberapa ekspedisi geologi kelautan di laut dalam (deep sea) yang dilaksanakan oleh kapal riset asing terkait dengan kondisi fitur geologi bawah laut Indonesia secara visual.

 

Dengan memahami dan mengenal lebih dekat fitur geologi bahwa laut Indonesia ini akan membuka cakrawala baru dalam upaya konservasi fitur-fitur geologi yang berpotensi menjadi semacam kawasan “geopark bawah laut” Indonesia yang unik, khas, dan tidak ada duanya di dunia. Peluang menuju konservasi fitur geologi bawah laut ini mulai memberikan peluang jika dikaitkan dengan perhatian Pemerintah Indonesia pada setiap kali memperingati Hari Nusantara (Deklarasi Djuanda 1957) yang selalu mengagung-agungkan laut sebagai harapan yang terakhir (promising frontier), walaupun masih ironis bahwa sampai saat ini prioritas untuk mengelola fitur-fitur geologi bawah laut yang unit dan khas ini masih termajinalkan. Oleh sebab itu, akan menjadi lebih ironis, jika tidak segera disusun panduan mengenai cara konservasi serta pengelolaannya, maka fitur-fitur geologi yang unik, khas, dan mempesona ini dikhawatirkan akan lekang oleh waktu. (dr/AFI)

 

 

   TENTANG PENULIS

Subaktian Lubisadalah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan periode 2002 - 2011, alumni GM ITB, menyelesaikan Master of Science (Hons) Marine Geology di Wollongong University, Australia; bekerja pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak tahun 1982- 2012. Sejak 2003 sebagai dosen luar biasa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB. Alumni Kursus Reguler Lemhannas RI KRA 37 tahun 2004. Tahun 2011 memperoleh sertifikat Lead Auditor Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 Neville-Clark, tahun 2010-2011 sebagai anggota Tim Ahli Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Memperoleh brevet Scientific Diver CMAS bidang Marine Geology. Terdaftar sebagai anggota Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI), Asosiasi Energi Laut Indonesia (ASELI), dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI).

 

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.