FGD Penelitian Gas Biogenik dan Cekungan Sedimenter untuk Menunjang Wilayah Kerja Migas di Perairan Indonesia

Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL)  pada tanggal 22-23 Agustus 2016 bertempat di Kantor Penunjang PPPGL, Jalan Kalijaga No. 101 Kota Cirebon, telah mengadakan kegiatan  Focus Group Discussion (FGD) dengan tema  “Penelitian Gas Biogenik dan Cekungan Sedimenter untuk Menunjang Wilayah Kerja Migas di Perairan Indonesia”. Focus Group Discussion ini merupakan salah satu output dari kegiatan Forum Pengembangan Kemitraan Strategis dan menjadi program tahunan  yang dilaksanakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, pada kegiatan FGD ini melibatkan instansi terkait antara lain Balitbang ESDM, Pusdatin, PPPGL, Lemigas, Komite Eksplorasi Nasional, dan perwakilan dari pihak swasta P.T. Eksindo Pratama, serta dihadiri undangan dari instansi lain.

 

 

Focus Group Discussion berkaitan dengan kegiatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan yang telah aktif melakukan penelitian dan pengembangan gas biogenik dan cekungan sedimenter di beberapa lokasi di Indonesia yang dilakukan baik secara mandiri di lingkungan ESDM maupun bekerja sama dengan lembaga yang lain. Dalam Focus Group Discussion  para narasumber menyampaikan bahan bahasan hasil litbang maupun kajian yang berkaitan dengan Gas Biogenik dan Cekungan Sedimenter, antara lain :

 

  1. Sinergitas Program Badan Litbang Mendukung Migas Kelautan untuk Kedaulatan Energi (Dr. P. Hadi Wijaya-Balitbang ESDM).
  2. Konsep Pengelolaan-Pemanfaatan Data Sektor ESDM (Ir. Susetyo Edi Prabowo, M.Si.-Pusdatin).
  3. Geologi dan Keterdapatan Gas Biogenik Perairan Utara Bali (Ir. I Nyoman Astawa-PPPGL).
  4. Migas Konvensional dan Unkonvensional di Indonesia (Ir. Riza Rahardiawan, M.Sc).
  5. Geologi Bawah Permukaan Perairan Aru Utara, Papua Barat Berdasarkan Penafsiran Seismik 2D (Hasil Penelitian GM3 Tahun 2014)-(Ir. IWayan Lugra-PPPGL).
  6. Geologi dan Potensi Gas Biogenik di Indonesia (Dr. Hermes Panggabean, M.Sc.).
  7. Kerjasama PPPGL-Lemigas Untuk Pemetaan Potensi Sumberdaya Gas Biogenik di Indonesia (Ir. Panuju, M.Sc.-Lemigas).
  8. Potensi Gas Biogenik di Cekungan Sibolga (Ir. Jonatan Setyoko, M.Sc.-Lemigas).
  9. Biogenic Gas Exploration in Indonesia (Ir. Herman Darman, M.Sc.-PT. Eksindo Pratama).

 

 

Melalui dinamika FGD ini dapat saling memberikan informasi yang konstruktif atas hasil-hasil litbang maupun kajian tentang Gas Biogenik dan dapat meningkatkan pemahaman serta memberikan manfaat bagi Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan khususnya, bagi lembaga  terkait lainnya, bagi kita semua yang hadir di ruangan ini, dan bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya. Selanjutnya perlu dilakukan kerja sama antar lembaga melalui kegiatan litbang bersama mengingat potensi gas biogenik sebagai sumber energi yang potensial di Indonesia cukup menjanjikan karena gas biogenik yang terdapat di bumi ini hampir mencapai 20% hingga 30% dari seluruh sumber gas alam, namun keterdapatannya menyebar dengan berbagai ukuran dan pada kedalaman yang bervariasi,

 

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi-P3GL/hdba)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.