Kegiatan Litbang

Pemetaan Geologi Kelautan Sistematik Skala 1:250.0000
Merupakan rangkaian kegiatan inventarisasi data dasar geologi dan geofisika kelautan wilayah Indonesia; meliputi peta batimetri, sebaran sedimen permukaan dasar laut, ketebalan sedimen Resen, anomali magnet total, gaya berat dan geologi bawah permukaan; yang diperlukan sebagai bahan kajian potensi energi dan sumber daya mineral di dasar laut. Pemetaan ini telah menyelesaikan 53 lembar peta atau hampir 15% dari seluruh pemetaan untuk seluruh wilayah Perairan Indonesia yang berjumlah 365 lembar peta yang mencakup wilayah di Paparan Sunda, Laut Cina Selatan, Laut Jawa, Selat Sunda, sebagian Perairan Selat Malaka dan Riau, Kalimantan Barat dan sebagian Selat Makasar.

 

Kompilasi Geologi Kelautan Regional Skala 1:1.000.000
Merupakan upaya integrasi data geologi kelautan baik primer maupun sekunder dengan memetakan pola struktur, stratigrafi dasar laut serta proses geodinamikanya, sehingga diharapkan dapat mendukung kebutuhan akan informasi geologi bagi evaluasi secara regional. Kegiatan ini telah menyelesaikan 20 lembar peta atau 70% dari seluruh lembar peta yang berjumlah 28 lembar peta seluruh Indonesia yang mencakup wilayah di Laut Jawa, Selat Malaka dan Riau, Laut Cina Selatan, Selat Makasar dan Sulawesi, Perairan Maluku, Sumba dan Banda.

 

Penyelidikan Geologi Kelautan Tematik
Kegiatan ini diarahkan pada penyelidikan geologi di wilayah pantai dan perairan di sekitarnya, guna menunjang pengelolaan dan pelestarian potensi lingkungan pantai dan perairan sekitarnya di wilayah pantai Indonesia, terutama yang erat kaitannya dengan pengembangan kawasan secara terpadu untuk mendukung pengelolaan wilayah di sektor perekonomian dan industri strategis serta kerekayasaan. Penyelidikan ini dilakukan di daerah-daerah prospek dan pusat pertumbuhan; berjumlah 83 lokasi, yaitu pantai utara Jawa, sebagian pantai selatan Jawa Barat, Bali, Lombok, Sumbawa, Bengkulu, Lampung, Riau dan sebagian Sulawesi.