Kunjungan Delegasi Qingdao Institute of Marine Geology, China ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan

Sebanyak  8 orang saintis dari Qingdao Institute of Marine Geology Cina melakukan kunjungan ke kantor Puslitbang Geologi Kelautan Bandung dan Cirebon mulai tanggal 5 s.d. 9 Desember 2017. dipimpin langsung oleh  Director of Marine Regional Geology, Prof. Wen Zhenhe. Selama kunjungan ini sudah diagendakan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan  antara lain presentasi dan diskusi, pembahasan rencana kerja sama, fieldtrip ke beberapa situs geologi dan museum geologi  serta kunjungan ke kapal riset Geomarin III di Cirebon.

 

Pada hari pertama di awali dengan kegiatan penyambutan rombongan delegasi Qingdao Institute of Marine Geology di kantor Puslitbang Geologi Kelautan Bandung, diterima langsung oleh Kepala Puslitbang Geologi Kelautan yang diwakili oleh  Koordinator Pelaksana Litbang Sumber Daya Mineral Kelautan, Dr. Noor Cahyo Dwi Aryanto, M.T.,  Kepala Bidang Afiliasi dan Informasi, Drs. Pujito Sarwono, MM., Senior Saintis sekaligus mantan Kepala Puslitbang Geologi Kelautan, Dr. Susilohadi dan beberapa pejabat struktural, KKP3, dan para pejabat fungsional lainnya.

 

Agenda kegiatan dilanjutkan dengan presentasi tentang profil institusi maupun sekilas tentang hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan Puslitbang Geologi Kelautan maupun  Qingdao Institute of Marine Geology.  Dari Puslitbang Geologi Kelautan menghadirkan para saintis yang sekaligus sebagai KKP3 yaitu Dr. Hananto Kurnio, Dr. Noor Cahyo Dwi Aryanto, Ir. Purnomo Raharjo, M.T., dan Subarsyah, S.Si., M.T., sedangkan dari pihak QIMG dipresentasikan langsung oleh Director of Marine Regional Geology dan beberapa saintis QIMG. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata dari Puslitbang Geologi Kelautan yang diserahkan oleh Dr. Susilohadi kepada Prof. Wen Zhenhe dari Qingdao, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan dokumen kerja sama antara kedua belah pihak.

 

 

Presentasi dari delegasi Qingdao Institute of Marine Geology

 

 

Pada hari kedua dan ketiga rombongan delegasi Qingdao Institute of Marine Geologi melakukan kegiatan fieldtrip ke  gunung tangkuban perahu di lembang, museum geologi di bandung, dan laboratorium yang berada di kantor Puslitbang Geologi Kelautan yang berlokasi di Cirebon, dilanjutkan mengunjungi wahana survey  Kapal Riset Geomarin III.  Rangkaian semua kegiatan ini berakhir pada hari Sabtu, 9 Desember 2017, pada hari itu juga rombongan delegasi Qingdao Institute of Marine Geologi melanjutkan perjalanan ke kota Jakarta untuk kembali ke China.

 

Pelaksanaan fieldtrip di Museum Geologi, Lab P3GL Cirebon, dan Kapal Riset Geomarin III

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi /Arif)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.