KUNJUNGAN TIM SABELLA MARINE TECHNOLOGY, PERANCIS

Pada hari Senin, tanggal 1 Agustus 2016, bertempat di kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Bandung diselenggarakan pemaparan dan diskusi dengan Tim Sabella Marine Technology, Perancis, yang terdiri JF. Daviau (President Director of Sabella Board), JC. Allo (Commersial Manager) dan Willian Papet (perwakilan Sabella di Indonesia).

 

Dalam acara tersebut dihadiri Ir. Ronggo Kuncahyo, M.M, Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis, Kapus PPGL, Kapus P3TKEBTKE, Kepala Bappeda Propinsi Lampung, Perwakilan dari Kemenko Maritim, Ditjen EBTKE, Universitas Lampung, dan para pejabat struktural serta fungsional di lingkungan PPPGL.

 

Dalam paparannya Tim Sabella menyampaikan tentang teknologi turbin pembangkit energi arus laut yang dikembangkan dan rencana proyek terkait di Selat Sunda. Beberapa ringkasan dari hasil pertemuan tersebut antara lain:

 

  1. Sabella mempunyai teknologi turbin PLTAL dengan mekanisme yang sederhana, tanpa gear box yang akan mengurangi resiko maintenance. Turbin yang tersedia skala medium hingga besar, yang dikenal sebagai D03, D10, dan D15 mewakli diameter rotor 3 m, 10 m dan 15 m dengan masing masing kapasitas pembangkitan pada kecepatan arus 4m/s sebesar 150kW, 1MW, dan 2,3MW.
  2. Dengan pilihan-pilihan tersebut, teknologi Sabella lebih cocok untuk perairan Selat Sunda. Hasil kajian sementara tim Sabella dan PPPGL, berdasarkan lebar dan kedalaman laut Selat Sunda berpotensi hingga 300 MW.
  3. Sabella bersama Balitbang ESDM (PPPGL dan P3TKEBTKE) akan mengembangkan pilot project 1 MW, dan Bapak Ronggo Kuncahyo akan membantu rencana tersebut melalui koordinasi degan PLN, Ditjen EBTKE, Bappenas dan BKPM untuk mendiskusikan skema bisnis (biaya pilot project dan pengelolaan pasca fabrikasi/instalasi).
  4. Pemerintah Daerah Propinsi Lampung akan mendukung proses administrasi/perizinan dan pendanaan melalui APBD.
  5. Universitas Lampung berharap dapat berpartisipasi dalam pilot project PLTAL di Selat Sunda terutama terkait dengan kelayakan teknis dan amdal. Disamping itu proses transfer teknologi juga menjadi salah satu capaian yang diinginkan dalam pilot project tersebut.
  6. Pada hari Selasa, tanggal, 2 Agustus 2016, dilaksanakan Site Visit ke Selat Sunda diikuti Tim Sabella dan Tim Teknis Energi Laut Badan Litbang ESDM.

 

(Bidang Afiliasi dan Informasi-PPPGL/hhp)

 

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.