SEMINAR BIDANG MIGAS INDONESIA TIMUR

Mengawali tahun 2018 Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) yang kini menjadi Satuan Kerja Badan Layanan Umum (BLU) melakukan kegiatan yang mendukung BLU melalui ajang penyebaran informasi sekaligus promosi tentang kemampuan dan hasil litbang yang sudah dilakukan oleh P3GL. Salah satu kegiatan yang kini telah dilaksanakan sebagai ajang promosi adalah kegiatan seminar bidang migas dengan tema Potensi Hidrokarbon di Indonesia Timur.

 

Seminar yang diselenggarakan  pada hari rabu, 31 Januari 2018 bertempat di Kantor Panunjang P3GL, Jalan Kalijaga No. 101 Cirebon ini diprakarsai oleh P3GL bekerja sama dengan Forum Sedimentologiwan Indonesia (FOSI), menghadirkan beberapa saintis P3GL sebagai narasumber yang memaparkan hasil penelitian di beberapa wilayah perairan indonesia timur.

 

Foto 1. Foto bersama peserta seminar Bidang Migas Indonesia TImur

 

Seminar dibuka langsung oleh Kepala P3GL, Ir. Hedi Hidayat, M.Si., selain dihadiri oleh saintis P3GL, seminar juga dihadiri oleh para mahasiswa dari  berbagai Perguruan Tinggi antara lain dari ITB, UNPAD, dan AKPRIND Yogyakarta, hadir pula dalam seminar ini adalah perusahaan-perusahaan swasta nasional seperti, Pertamina, Saka, Medco, PT. Geoservice, PT. dan PT. Terra Baturaja, sedangkan dari perusahaan asing yang hadir antara lain dari Schlumberger, TGS, BP, GDF Sues, Carnavon, Petronas, Chevron dan CNOCC, china.

Dalam sambutannya, Kepala P3GL menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan penyelenggaraan Seminar Bidang Migas ini, sebagai berikut:

 

Foto 2. Kepala P3GL dalam acara seminar Bidang Migas Indonesia Timur

 

  1. Seperti diketahui sejak 4 Desember 2017, P3GL telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan menjadi Badan Layanan Umum, dan sejak 1 Januari 2018 ini menerapkan kegiatan kelitbangan yang mengarah pada peningkatan pelayanan umum di bidang geologi kelautan.
  2. Salah satu jasa pelayanan umum dari P3GL adalah pelayanan terhadap penyediaan database geologi kelautan, sehingga dengan mengekspose data geologi kelautan melalui media seminar ini P3GL mencoba menawarkan data hasil kelitbangan terutama akuisisi data seismik untuk bisa dimanfaatkan terutama sebagai data dasar untuk mereview daerah berpotensi migas di wilayah laut Indonesia.
  3. Dalam seminar kali ini, para saintis P3GL akan menampilkan pemaparan dari hasil penelitian di wilayah Timur Indonesia, dengan menggunakan KR. Geomarin III, yaitu: wilayah perairan Misool, Aru, dan Seram, yang akan dikorelasikan dengan konsep-konsep geologi terkini oleh Bapak Herman Darman  dari FOSI.

 

Dalam seminar ini akan menyajikan pemaparan data hasil akuisisi kegiatan litbang dan diskusi, yang dilanjutkan dengan peninjauan sampel di cold storage, termasuk peralatan survey, dilanjutkan kunjungan ke Wahana survei KR. Geomarin III di pelabuhan cirebon.

 

Foto 3. Kunjungan peserta Seminar Bidang Migas Indonesia Timur ke Lab Core Storage P3GL di Cirebon

 

 

Foto 4. Kunjungan peserta Seminar Bidang Migas Indonesia Timur ke Kapal Geomarin III

 

Dengan terlaksananya kegiatan seminar bidang migas ini, diharapkan akan dapat mendorong minat para pelaku dunia usaha khususnya di bidang survei geologi kelautan untuk bermitra dengan P3GL dalam menjalankan kegiatan kelitbangan yang mendukung BLU, mengingat P3GL sebagai institusi pemerintah yang mempunyai database geologi kelautan di seluruh wilayah perairan di indonesia.

 

(Bidang Afiliasi dan Infromasi / Arif.S)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.