Wawancara Kepala Puslitbang Geologi Kelautan Bersama Kompas Group

Bertempat di ruang kerja Kepala Puslitbang Geologi Kelautan, pada hari Selasa, tanggal 18 Juli 2017, Kepala Puslitbang Geologi Kelautan, Dr. Ediar Usman, menerima kunjungan wartawan dari media Kompas Group, untuk memenuhi permintaan wawancara dari media Kompas yang berkaitan dengan Instansi Puslitbang Geologi Kelautan, kegiatan survey, dan hasil litbang.

 

Dalam diskusi dan wawancara yang dilakukan selama kurang lebih 2 jam, Kepala Puslitbang Geologi Kelautan memberikan informasi secara detil tentang kondisi Puslitbang Geologi Kelautan saat ini maupun tentang rencana dan tujuan yang akan dicapai oleh Puslitbang Geologi Kelautan. Diskusi juga membahas seputar teknologi yang dimiliki Puslitbang Geologi Kelautan saat ini, dan kebutuhan teknologi yang harus segera dimiliki oleh Puslitbang Geologi Kelautan, antara lain Kapal Survei Geomarin IV. Dengan wahana kapal survey ini diharapkan Puslitbang Geologi Kelautan akan mampu memberikan solusi atas  persoalan yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia dalam  penyediaan data cadangan di sektor migas. Maka desain dari kapal survey yang diajukan ke pihak Kementerian ESDM ini juga mempunyai spesifikasi kapal yang khusus untuk kegiatan eksplorasi migas.

 

 

 

Pada sesi akhir diskusi dan wawancara ini, Kepala Puslitbang Geologi Kelautan kembali memberikan penjelasan dan penegasan, bahwa Instansi Puslitbang Geologi Kelautan ini masih sangat dibutuhkan oleh Kementerian ESDM khususnya, dan oleh bangsa Indonesia pada umumnya mengingat kondisi geografis negara Indonesia itu sendiri lebih dari sepertiganya adalah laut, maka instansi Puslitbang Geologi Kelautan yang memang konsen dengan penelitian sumber daya yang ada di dasar laut menjadi sangat penting.

 

Sebagai bahan tambahan informasi kepada pihak media, Kepala Puslitbang Geologi Kelautan memberikan salah satu contoh Jurnal dan Buletin yang berisi tentang hasil litbang dari Puslitbang Geologi Kelautan, serta publikasi khusus yang berjudul Pesona Fitur Geologi Bawah Laut Indonesia.

 

      (Bidang Afiliasi dan Informasi/Arif)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.