Error message

Notice: Undefined offset: 2 in tb_megamenu_insert_tb_item() (line 343 of /var/www/html_new/sites/all/modules/tb_megamenu/tb_megamenu.functions.inc).

KUNJUNGAN STUDI BANDING PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DARI BALAI TEKNOLOGI SURVEI KELAUTAN, BPPT KE P3GL

Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) merupakan salah satu satuan kerja di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang mempunya proses bisnis hampir sama dengan Puslitbang Geologi Kelautan, yaitu di bidang survey kelautan. Apabila di P3GL mempunyai kapal Survei Geomarin-III, maka  Balai Teksurla saat memiliki empat kapal survey yaitu Baruna Jaya-1, 2, 3 dan 4.

Sebagai institusi negara, Balai Teksurla saat ini sedang berjuang dalam pembangunan zona integritasnya untuk dapat memperoleh predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Menuju WBK merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Langkah-langkah yang telah ditempuh oleh Balai Teksurla dalam upaya menuju WBK diantaranya telah mengadakan webinar khusus membahas Pembangunan ZI menuju WBK pada tanggal 18 Agustus 2021. Dalam webinar tersebut, P3GL diminta menjadi narasumber untuk menceritakan kisah sukses P3GL meraih WBK pada tahun 2020.

Menindaklanjuti hasil webinar tersebut, Balai Teksurla melaksanakan kunjungan studi banding ke kantor Puslitbang Geologi Kelautan, untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan WBK. Kunjungan studi banding ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Teksurla, Djoko Nugroho, S.T., M.T., IPU. Dan didampingi oleh Auditor Utama BPPT, para Apen Perubahan, dan penggiat zona integritas lainnya. Sedangkan dari pihak P3GL diterima langsung oleh Kepala P3GL, Ir. Hedi Hidayat, M.Si. disertai Counterpart ZI P3GL, para Agen Perubahan dan penggiat ZI P3GL.

Dalam sambutan pengantranya, Kepala Balai Teksurla berharap dapat menyerap ilmu dan pengalaman dari P3GL yang telah memperoleh WBK pada tahun 2020, baik secara kebijakan maupun hal tenis dan fisik sarana yang sudah dilakukan P3GL.

Kepala P3GL dalam sambutannya menjelaskan langkah-langkah startegis dalam upaya memperoleh WBK dan secara detil teknis dipaparakan oleh Agen Perubahan P3GL, Ir. Andy Sianipar, MT.

Dalam kunjungan ini, rombongan Balai Teksurla dibawa keliling ke berbagai tempat di seputaran kantor P3GL, diantaranya ke Poliklinik Pratama P3GL yang diterima oleh jajaran Tenaga Medis (dokter dan perawat), ke ruang layanan terpadu dan ruang laboratorium komputer/ruang server dan melihat hal-hal lainnya yang ada di seputar P3GL.

 

(am/Bid.Umum dan Kepegawaian)

 

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.