Pemuktahiran Kemasan Informasi Hasil Penelitian (Digital) Dalam Upaya Penyebarluasan Informasi Hasil litbang Geologi Kelautan

Abstrak
Kemampuan untuk menemukan sumber informasi adalah suatu langkah berharga dalam penelitian, karena penelusuran Iiteratur merupakan bagian dari proses penelitian. Penelusuran informasi bahkan selalu diperlukan dalam menyusun TOR atau sebuah proposal; identifikasi, klasifikasi, dan menentukan parameter; pemilihan alat pengumpul data, menyusun rancangan penelitian, analisis data sampai penyusunan laporan. Maka tidaklah berlebihan jika penelusuran merupakan langkah penting terutama pada awal penelitian karena untuk menghindari pengulangan penelitian yang pernah dilakukan, mengidentifikasi struktur masalah, sehingga bisa menyempurnakan penelitian-penelitian terdahulu, memperdalam pemahaman masalah sehingga bisa mengembangkan hipotesis, metoda serta  menghindari salah tafsir terhadap hasil penelitian.

Pengetahuan dan keterampilan untuk menelusur informasi secara efektif dan efisien dapat menerobos keterbatasan sumber informasi yang ada di sebuah lembaga penelitian. Dalam melakukan penelusuran seorang peneliti memerlukan kemampuan untuk merumuskan kebutuhan informasi dengan terminologi yang tepat, mencari instrumen penelusuran yang ada, baik melalui penelusuran secara manual ataukah melalui bantuan komputer.
Informasi iptek, sebagai hasil kegiatan Puslitbang Geologi Kelautan merupakan sumber informasi yang besar manfaatnya bagi para peneliti, penyelenggara kebijakan sumberdaya alam, instansi terkait dan juga bagi masyarakat ilmiah. Untuk itu perlunya upaya pendokumentasian dan penyebarluasan informasi hasil-hasil kegiatan yang telah dilakukan Puslitbang Geologi Kelautan. Sub Bidang Informasidan Publikasi terus berupaya mengembangkan kegiatan pemuktakhiran kemasan informasi hasil penelitian dengan bentuk digital, dalam upaya penyebarluasan informasi hasil penelitian dan pengembangan. Pemuktahiran kemasan laporan hasil penelitian ke bentuk digital melalui proses tahapan yang ditunjang dengan beberapa software yaitu diantaranya Map-Info, Adobe Photoshop, Adobe Acrobat, Adobe Frame Maker, scanner dan lainnya. Hasil kegiatan ini akan berupa informasi digital dalam bentuk CD-Rom.

Pendahuluan
Laporan digital merupakan gabungan informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar dan aspek lainnya, yang mana informasi ini diolah (komputerisasi) agar terbentuk informasi baru yang terseleksi dan siap dikemas, sehingga menjadi media layanan yang tampil terintegrasi,  mudah dan cepat untuk ditelusuri oleh pengguna. 
Media ini dapat dimanfaatkan sebagai basis dokumentasi dari berbagai produk kekayaan intelektual seperti tesis (thesis), disertasi (desertation), hasil penelitian (research report), publikasi (publication), yang sampai saat ini belum dilakukan secara maksimal, sehingga pemanfaatannya masih terbatas pada lapisan masyarakat tertentu (mahasiswa dan peneliti).
Saat ini Puslitbang Geologi Kelautan mempunyai koleksi laporan hasil penelitian berupa buku sebanyak kurang lebih 250 judul/lokasi penelitian, 28 buletin MGI dengan berbagai volume yang sudah diterbitkan,  atlas dan  publikasi khusus. Hasil penelitian yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1984, hasilnya perlu diupayakan agar tetap dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Dalam hal ini kendala yang ada adalah hilang, rusak dan beberapa halaman serta lampiran peta tidak ada. Sangat disayangkan sekali apabila hasil dari suatu penelitian yang telah menghabiskan biaya yang besar tidak dapat dimanfaatkan dan tidak diketahui oleh banyak orang. Untuk mengantisipasi tersebut kami berusaha untuk merubah kemasan manual dalam bentuk hard copy ke bentuk digital yang nantinya dapat disebarluaskan dan diaplikasikan untuk berbagai hal dalam pemanfaatannya dan juga mempermudah penelusuran informasi hasil dari suatu penelitian.
Hasil penelitian dalam bentuk CD-Rom dan digital merupakan salah satu upaya dalam pendistribusian informasi data survey dan pemetaan yang saat ini berkembang dalam bentuk informasi digital, dengan demikian akan mudah dipelajari, diaplikasikan dan mudah untuk diperbaharui isi informasinya.
Dalam upaya meningkatkan penyebarluasan informasi, maka dipandang perlu untuk pemutakhiran kemasan informasi laporan hasil litbang ke bentuk informasi digital,  mulai dari  proses pengolahan, penyimpanan, pendistribusian data untuk memudahkan terhadap pengguna dalam mempelajari sesuatu sesuai dengan informasi yang dicarinya dan mencakup seluruh lapisan masyarakat.
Menanggapi hal tersebut diatas Sub Bidang Informasi dan Publikasi- Bidang Afiliasi - Puslitbang Geologi Kelautan berusaha membuat suatu bentuk format pelayanan data dan informasi dengan tujuan penyebarluasan berbagai jenis publikasi hasil dari kegiatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, kepada kalangan masyarakat khususnya masyarakat ilmiah.

Maksud dan Tujuan
Maksud dari kegiatan Penyebarluasan informasi hasil kegiatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan dalam Kemasan Informasi Laporan Digital adalah mengupayakan semaksimal mungkin pemanfaatan/penggunaan dan  penyebarluasan data dan informasi kepada users secara cepat dan akurat serta dapat dilakukan kejasama dalam jaringan informasi (networking information)
Tujuan dari  kegiatan tersebut adalah untuk memberikan kemudahan akses bagi pengguna terhadap publikasi PPPGL, menata dan mengemas ulang hasil-hasil kegiatan PPPGL, menyediakan data dan informasi dalam bidang kelautan secara spesifik, meningkatkan dan memaksimalkan fungsi, tugas, pengelolaan, penyimpanan sub bidang dokumentasi dan informasi, sehingga terciptanya efisiensi dan efektifitas dalam hal penyediaan akses data dan informasi, serta sebagai rujukan/cross cek terhadap judul publikasi yang sama.

Tahapan Kegiatan
Perubahan dari manual menjadi bentuk digital suatu pustaka melalui beberapa tahapan  yaitu sebagai berikut :
A.Pengumpulan dan Pemilahan data-data koleksi laporan penelitian.
B.Scan
-Teks
-Tabel
-Gambar
-Photo
C.Software Map-Info
D.Software Frame Maker.

Hasil Kegiatan
Hasil kegitan dari pemuktakhiran kemasan informasi hasil Litbang Geologi Kelautan akan berupa CD-Rom yang berisi informasi digital hasil penelitian untuk lokasi penelitian yang telah disebutkan diatas, upaya ini untuk penyebarluasan informasi secara global yang dapat ditampilkan melalui media internet. 
Informasi yang disebarluaskan kepada masyarakat sebaiknya sudah terolah secara sistematis, sehingga masyarakat akan dapat dengan mudah memahaminya dan juga dengan mudah mendapatkanya sesuai dengan informasi yang dibutuhkannya. Pemutakhiran kemasan informasi ke arah digital merupakan langkah awal menuju perpustakaan digital (Digital Library) dan akan menjadikan suatu bentuk layanan komersil melalui media internet (E – Commerce)

 

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.