PENGENALAN OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS) DAN PELATIHAN E-JOURNAL PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN GEOLOGI KELAUTAN

 

Pada hari senin, tanggal 30 Mei 2016 di mulai pukul 09.00 WIB telah di adakan pengenalan OJS dan pelatihan e journal intern Puslitbang Geologi Kelautan, dalam acara ini di hadiri para pejabat fungsional peneliti, pejabat fungsional perekayasa, pejabat fungsional penyelidik bumi, dewan redaksi jurnal geologi kelautan serta dewan redaksi bulletin of the marine geologi.

 

Dalam acara ini di buka oleh Bapak Drs. Pujito Sarwono, M.M. selaku Kepala Bidang Afiliasi dan Informasi, yang menekankan kewajiban setiap para pejabat fungsional untuk membuat dan mengumpulkan karya tulis ilmiah (KTI) untuk diterbitkan di  publikasi P3GL (JGK dan BoMG), serta setiap peserta yang hadir di harap mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya karena ini menyangkut proses alur KTI di system aplikasi e journal.

 

Dengan mengingat bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah berkembang begitu pesat merambah ke berbagai bidang untuk mempermudah pengelolaan termasuk jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah sebelumnya terbit dalam bentuk cetak dengan oplah dan tiras yang sangat terbatas sehingga sulit untuk diketahui dan dikenal oleh banyak calon penulis. Terbatasnya diseminasi berdampak pada rendahnya sitasi dari publikasi yang dihasilkan oleh peneliti maupun akademisi.

 

Saat ini penerbitan jurnal di tingkat internasional sudah dalam bentuk elektronik sehingga memudahkan penulis mengirimkan naskah, editor dalam melakukan editing, reviewer dalam melakukan penelaahan dan menjangkau pembaca ke seluruh belahan dunia, sehingga berdampak pada tingginya sitasi suatu artikel dan semakin dikenalnya suatu penelitian. Dengan mengingat hal tersebut di atas maka di perlukan pengelolaan publikasi dalam bentuk elektronik, yang mana hal ini di kukung dengan adanya Peraturan Kepala LIPI Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Terbitan Berkala Ilmiah dan Peraturan Dirjen Dikti Nomor 1 Tahun 2014 Pedoman Akreditasi Terbitan Terbitan Berkala Ilmiah, yang pada intinya kedua aturan tersebut mengarah pada terbitan berkala ilmiah cetak menjadi elektronik telah diikuti oleh peraturan tersebut di atas, terkait penerbitan jurnal ilmiah dalam bentuk elektronik. Peraturan baru tersebut diberlakukan efektif mulai tahun 2016, sedangkan tahun 2015 kemarin merupakan masa transisi penerapan pedoman terbitan berkala ilmiah yang baru.

 

Pengelolaan publikasi ilmiah secara elektronik di kemas dalam suatu wadah yaitu e journal. E journal adalah Penerbitan artikel-artikel ilmiah dalam suatu jurnal ilmiah ber-ISSN yang dilakukan oleh suatu institusi melalui media elektronik (paperless), dan disebarkan kepada atau bisa diakses seluruh audiens pembaca melalui portal internet yang tersedia.

 

P3GL dalam menindaklanjuti aturan tersebut diatas, sudah membangun system aplikasi e journal ini untuk publikasi Jurnal Geologi Kelautan dan publikasi Bulletin of the Marine Geology, yang system aplikasi ini sudah di upload dengan alamat http://ejournal.mgi.esdm.go.id.

 

Acara pengenalan OJS dan pelatihan e journal ini merupakan langkah awal untuk pengenalan system e journal, dari mulai register sebagai penulis, selanjutnya di jelaskan peran pemimpin redaksi/chief editor, pengenalan tugas dan fungsi dari seorang section editor, juga peran peer reviewer, dan lain sebagainya.

 

Awalnya cukup membingungkan setelah mengetahui proses KTI sampai dengan terbit di dalam system aplikasi e journal ini, namun kelamaan alhamdulillah cukup bisa di mengerti proses alur KTI di dalam system e journal.

 

 

Photo 1. Pembukaan acara di sampaikan oleh Kepala Bidang Afiliasi dan Informasi

 

 

 

Photo 2. Paparan mengenai pengenalan Open Journal System (OJS)

 

 

Peran dewan redaksi pada JGK maupun BoMG, saat ini harus sudah bisa memahami aplikasi e journal ini, karena selanjutnya proses KTI sampai dengan terbit di  lakukan via system (e journal)  yang sudah online, yang mana system ini tidak terbatas ruang dan waktu.

Pengenalan OJS dan pelatihan e journal ini tidak cukup di lakukan satu kali, namun harus di lakukan beberapa kali sampai para dewan redaksi paham betul system aplikasi e journal ini demi akreditasi yang telah di dapat untuk publikasi ilmiah kita (JGK dan BoMG).

Demikian sy akhiri ulasan singkat mengenai pengenalaj OJS dan Pelatihan e journal yang telah di lakukan di lingkungan Puslitbang Geologi Kelautan.

 

Dengan moto : Bersama Kita Bisa… waasalamualalikum Wr.Wb

Terima kasih

Hendro Dwi – P3GL

 

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.