PENILAIAN LOMBA HEMAT ENERGI TAHUN 2021 PUSLITBANG GEOLOGI KELAUTAN

 

Puslitbang Geologi Kelautan sebagai salah satu satuan kerja di bawah Badan Litbang ESDM yang mempunyai dua lokasi kegiatan yaitu di Bandung sebagai kantor administrasi dan sains, dan di Cirebon sebagai kantor sarana pendukung litbang, pada tanggal 29 April 2021 mendapat kunjungan Tim Penilai Lomba Hemat Energi Tahun 2021 Kementerian ESDM.

Lomba Hemat Energi 2021 yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali, bertujuan untuk memacu tata laksana pengelolaan energi di kantor-kantor instansi termasuk unit kerja di lingkungang KESDM.

 

Tim Juri yang hadir pada kesempatan ini adalah Bu Sripeni Inten dan bu Herlin Herlianika dan tim pendamping dari Ditjen EBTKE serta P3TKEBTKE.

Dalam kata sambutannya, Kepala P3GL, Ir. Hedi Hidayat, M.Si. menyampaikan upaya jajaran manajemen P3GL bersama pegawai dalam mendukung penghematan energi di P3GL dengan berbagai cara, antara lain kampanye melalui himbauan, pemasangan stiker dan banner serta penggantian infrastruktur kelistrikan. Tak kalah penting dalam upaya manajemen adalah menghimbau kepada semua pegawai untuk penghematan dengan mematikan alat-alat listrik saat tidak digunakan.

Sedangkan untuk pemanfaatan energi baru terbarukan, di P3GL telah terpasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang di atap Gedung-II dengan kapasitas 50 KW.

 

Tim Juri yang diwakili Bu Sripeni Inten dalam pengantarnya menyampaikan pentingnya 3P dalam upaya penghematan energi, yaitu : People, Proses dan Performance.

Tim pendamping dari Ditjen EBTKE dan P3TKEBTKE memberikan beberapa masukan terkait dengan paparan P3GL mengenai data pemakaian dan pengelolaan listrik selama kurun waktu 2018-2020. Berdasarkan hasil peninjauan lapangan dan sampling terhadap beberapa ruangan, P3GL bisa dinyatakan cukup hemat dalam penggunaan energinya. (am/Bid.Umum dan Kepegawaian)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.