Ritech Expo 2010, Badan Litbang ESDM akhirnya dinobatkan sebagai Juara I Stand Terbaik dari 56 peserta pameran

Usai tampil selama tiga hari di pameran Research and Development Expo – Ritech Expo 2010, Badan Litbang ESDM akhirnya dinobatkan sebagai Juara I Stand Terbaik dari 56 peserta pameran. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perindustrian, Kementerian Perindustrian pada acara penutupan pameran di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center pada tanggal 22 Agustus 2010.

Parameter pemberian penghargaan ini adalah estetika dan desain stan, kelengkapan materi dan peralatan penunjang serta kebersihan stand. Setelah menyampaikan piala penghargaan kepada pemenang, Kepala Badan Litbang Perindustrian menyampaikan apresiasi terhadap seluruh peserta yang turut memamerkan hasil penelitian dan pengembangan mereka, terutama yang berkaitan dengan nano teknologi.

Hingga hari ketiga, pameran R&D Expo 2010 – Ritech Expo 2010 dikunjungi oleh sekitar 250 ribu orang setiap harinya. Karakteristik pengunjungpun cukup beragam, antara lain para pejabat di sejumlah kementerian, para peneliti, dosen, pelajar, mahasiswa dan pengusaha. Hasil penelitian Badan Litbang ESDM yang paling banyak diminati adalah hasil pemetaan perairan Indonesia, maket kapal Geomarin III, maket turbin, pembangkit listrik tenaga mikro hidro, biogas serta boiler biomassa. Tidak sedikit mahasiswa yang tertarik untuk menanyakan tentang program kuliah praktek kerja di unit-unit di lingkungan Badan Litbang ESDM. Sejumlah dosen juga menanyakan tentang hasil penelitian dan pengembangan di energi baru terbarukan.

Selain kalangan akademisi, beberapa pengusaha juga menyatakan ketertarikannya terhadap teknologi elektro magnetika, cyclo burner, karbon aktif, serta kokas untuk pengecoran logam. Beberapa pengunjung juga menanyakan tentang prosedur dan jenis jasa laboratorium dan teknologi yang disediakan unit-unit di lingkungan Badan Litbang ESDM. Saat menutup pameran, Deputi Pendayagunaan Iptek, Kementerian Negara Riset dan Teknologi Idwan Suhardi menyatakan bahwa Kementerian Ristek tidak dapat mengembangkan dan mensosialisasikan teknologi sendiri. Instansinya membutuhkan dukungan dan kerja sama berbagai pihak agar teknologi yang dihasilkan oleh lembaga penelitian dan pengembangan dapat dimanfaatkan oleh sektor industri dan masyarakat. (www.litbang.esdm.go.id)

Leave a comment

Full HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.